Pages

Tuesday, January 1, 2013

CIRI-CIRI PSIKOPAT


Punya Ciri Seperti Ini? Awas Bisa Dikira Psikopat
Seorang psikopat tidak selalu dicirikan dengan perilaku sadis seperti melakukan pembunuhan berantai. Ada perilaku sehari-hari yang dianggap biasa, namun menurut penelitian bisa menunjukkan adanya kecenderungan untuk jadi psikopat.
Beberapa perilaku sehari-hari yang bisa membuat orang dianggap sebagai psikopat antara lain sebagai berikut, 

1. Gila jabatan
Kepribadian psikopat mengacu pada sifat kurang menarik, egois, kecenderungan untuk mengambil risiko, tidak jujur, kurangnya rasa bersalah dan empati, susah mengatur dorongan atau keinginan, tidak punya kecemasan dan tak kenal takut. Menurut penelitian diEmory University, ciri-ciri ini dimiliki juga oleh orang-orang yang gila jabatan.

2. Suka mencontek
Sebuah penelitian di University of British Columbiamengungkap bahwa murid yang suka mencontekpunya kecenderungan yang sama dengan perilaku antisosial yang berhubungan dengan kepribadian seorang psikopat. Murid yang mencontek juga memiliki kecenderungan narsisme atau mementingkan diri sendiri serta machiavellianisme atau lebih mementingkan hasil daripada proses, persis ciri-ciri seorang psikopat.

3. Tidak punya akun Facebook
Sebuah majalah dari Jerman bernama Der Taggspiegelmengemukakan bahwa para pembantai massal seperti James Holmes 'The Joker' dan Anders Behring Breivik memiliki satu kesamaan, yaitu tidak memiliki akun Facebook. Seorang psikolog, Christopher Moeller mengatakan aktivitas di jejaring sosial seperti Facebook bisa menjadi ciri kehidupan sosial yang sehat bagi kaum muda, namun tidak bisa disamaratakan untuk generasi tua.

4. Butuh waktu lama untuk bicara
Penelitian di University of Wisconsin membuktikan bahwa seorang psikopat jarang bicara spontan karena setiap akan bicara pasti butuh waktu untuk berpikir. Dengan metode tertentu, para ilmuwan juga mengungkap adanya perbedaan pola berbicara dan pemilihan kata saat seorang psikopat berbicara.

5. Suka pakai kata-kata kasar di Twitter
Meski jarang bicara dan butuh waktu lama untuk angkat bicara, seorang posikopat cenderung lebih terbuka di dunia maya misalnya di twitter. Para ilmuwan di Florida Atlantic University mengungkap, seorang psikopat juga banyak menggunakan kata-kata kasar seperti mati, membunuh, mengubur dan semacamnya saat mengungkapkan isi hatinya di twitter.

6. Tidak heboh meski ada yang kentut
Gangguan psikopati juga mempengaruhi fungsi panca indra, khususnya hidung sebagai indra penciuman. Seorang psikopat cenderung kurang peka terhadap bebauan, sehingga diyakini tidak akan ikut hebohkalau ada orang kentut di sekitarnya meski yang lain sudah mengomel-ngomel karena tidak tahan dengan baunya.

No comments:

Post a Comment